Skip to Content

ALASAN KENAPA MAKAM DEPATI INTAN TENGAH PADANG PINTUNYA MENGHADAP KEBARAT

Foto Zarmoni

Banyak hal dihidup ini yang syarat makna dan hikmah, namun tidak kita sadari dan ketahui. Berdasarkan penuturan Ninik Mamak Siulak Mukai, penulis mendapat jawaban tentang Pintu Kuburan Ninek Depati Intan Tengah Padang menghadap ke “Tumpun” atau artinya dalam bahasa Siulak Mukai arah barat.

Pada suatu ketika, Depati Intan Tengah Padang berangkat ke Jambi untuk menjemput Pusako. Dengan kesaktian yang beliau miliki, beliau berangkat menempuh hutan belantara dengan gagah berani, hingga sampai di Jambi.

Setelah mengambil Pusako tersebut, beliau memasukkan pusako tersebut kedalam tongkat beliau melalui ujungnya. Dan beliau berjalan kembali pulang ke Ranah Kerinci.

Selama berjalan, Dpati Intan Tengah Padang terus waspada, jangan-jangan nanti ada penyamun yang akan mengincar Pusako tersebut.

Ketika lewat di Dusun dalam kawasan Kerajaan Koto Payung/Semurup, beliau dipanggil untuk singgah oleh masyarakat disana yang ramah “Oi, mamak, maihlah singgah sibenta kumah kamai, kayo lah payah niang bajalang, maihlah singgah minum ayie kawo guk siteguk..!” ujar salah seorang masyarakat dengan bahasa yang mendayu.

Tersentuh oleh kebaikan tersebut, Depati Intan Tengah Padang naik kerumah gedang dan menyandarkan tongkat yang berisi Pusako disamping beliau. Namun asiknya berbicara panjang lebar, beliau terlena, dan tongkat tersebut hilang entah kemana.

Dengan agak marah beliau pulang ke Siulak Mukai dan memaki pencuri yang bertopeng kebaikan. Lalu sebagai wujud kemarahan beliau tertuang dari perilaku keseharian beliau.

Ketika beliau melihat ayam jantan beliau berkokok menghadap ke hilir, leher ayam tersebut beliau potong. Ketika pohon pisang beliau berbuah menghadap ke hilir, pohon pisang tersebut beliau tebang. Dan sawah-sawah yang beliau miliki beliau robah menghadap ketumpun (barat).

Ketika beliau meninggalpun, pintu makam beliau menghadap ketumpun. Begitulah riwayat singkat dari Depati Intan Tengah Padang yang penulis dapat dari Ninik Mamak Siulak Mukai, soal kebenarannya hanya Allah SWT Yang Maha Mengetahui, penulis hanya manusia biasa yang berkeinginan agar anak Tanah Sekudung dapat mengenal Adat Budayanya sendiri.

Kerinci, Akhir Maret 2014


Ini Merupakan Tambo Lisan/Cerita Tutur yang penulis rekam dari petua di Siulak Mukai Kerinci

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler