Skip to Content

PANTUN PUJI-PUJIAN MUNJEMPUT PENGANTIN BARU

Foto Zarmoni
files/user/10176/IMG20201019133257.jpg
IMG20201019133257.jpg

Adat dan kebudayaan Kerinci dalam wilayah Tigo Luhah Tanah Sekudung Siulak, biasanya setelah menikah pengantin pria belum pulang kerumah isterinya, sebelum diadakan acara penjemputan oleh pihak mempelai wanita. Setelah dijemput baru pengantin pria pulang kerumah mertuanya.

Pantun Puji-pujian dalam penjemputan pengantin baru ini dilakukan oleh Pihak Memelai wanita ketika arak-arakan menjemput pengantin pria. Ketika sampai didepan rumah pengantin pria, seraya menaburkan beras kunyit, utusan dari pengantin wanita maju berhadapan dengan wanita utusan pengantin pria, lalu diadakan pantun-pantun berikut ini :

Utusan W :

Uuuuu.... Kami di suhuh nuhut unut dingan tirentang, nuhut jejak dingan tatukik, iyo tatepat di muko umah kayo ini... uuuu

Utusan P :

Uuuu... Cimedak ditengah laman, sapilo dilakang umah.... uuuu... 

uuu.... iyo lah lamo kayo tgak dilaman, maih aman... maihlah kumah.... uuuu...

Utusan W :

Uuuu.... Nak mudik kukayu aro singgah sibenta mumbeli limau... uuu...

Uuuuu....snang ati snang punano kami nenga kayo diburimbau.. uuu, 

Utusan P :

Uuuu... apo guno daun dikurisik, bilo kayo munalak daun jambu... uuu

Uuu... Lah lamo kami dimunantik, Lah pnat kami dimununggu... Uuu

Utusan W :

Uuu... Nak mudik kusungai keruh, uhang butanam sipadi ladang... uuu

Uuu...Kami takut dibucampu rusuh, same laki diambik uhang... uuu

Utusan P :

Uuu... Jangan dipijak batu licin, kalu tipijak takut alah jatuh, same jatuh kuateh batu... uuu

Uuu...ini tanggo mintak lah di tkin, ini jalan mintak lah ditempuh, maih kumah anak dimunantu... uuu

Utusan W :

Uuu... buladang ku sako duo, uhang rami jak alah bawah... uuu

uuu... inilah nyo anak dimunantu kayo, jawatlah tangan bao lah nyo kumah... uuu

Utusan P :

Uuuu... pisang manih uhang sulak kcik, diambik anak uhang kubang... uuu

uuuu.... maih aman maih alah balik, jput alah laki kau same lah diambik uhang.. uu

 

Pantun berbalas diatas merupakan adat dan Kebudayaan Kerinci Provinsi Jambi terkhusus di wilayah adat Tigo Luhah Tanah Sekudung Siulak. setelah berbalas pantun seraya menaburkan beras kunyit oleh wanita utusan dari pengantin pria, maka pengantin wanita akan dijemput oleh mertuanya yang wanita seraya dipegang tangannya lalu pengantin wanita dan rombongan pengantin wanita masuk kedalam rumah dan pengantin wanita duduk berdua dengan pengantin pria.

setelah kedatangan rombongan pengantin wanita dijamu dengan makanan ringan, lalu salah satu lelaki/Teganai dari rombongan pengantin wanita mengeluarkan sirih sebuku dan dihadapkan kepada Teganai pengantin pria, lalu dibacakan parno adat oleh Teganai pengantin wanita seperti contoh :

PARNO ADAT MENJEMPU PENGANTIN LAKI-LAKI (dibaca oleh teganai wanita terhadap teganai laki-laki)

Adopun usul dengan asal, pangkan kato idak kito ninggan, terbit getah dari batang terbit ayie dari ulu terbit angin dari pohon, terbit kato dari mulo nyoh.
Mano menjadi mulo katonyoh, cerpah nan bakutak-kutak, sakutak pararit tudung. Sembahku ini mulai bajejak dari pangkan teruh ka ujung.
Nampaknyo kami ini pgi balepeh balik batantik. Dilepeh ninek mamak depati panghulu, Sarato dengan anak batino kito.
Disuhuh nuhut unut dingan terentang, Nuhut jejak dengan tatukik, nalak katutu tigo gayo, balam paridi rentak kalo. Putuh unut, ilang jejak, padam suaro. Nampaknyo disini jejak katuju, disini ayie mintak dicauk.

Stantang anak buah anak kemenakan kito ini, nikah nyo lah sudah, munikah secaro adat, adat kito Kinci, breh sapinggan ayam sikum, ditikah nak wali dingan suci, disah nak saksi dingan buduo, lah nyato dialam lah trang diareh, anak buah anak kemenakan kito lah resmi munjadi suami istri.

 Ado dih malayu ngato :

Nak mudik kasulak kecik, Singgah berenti ka batu jung, minin kami jput anak munantu balik, pungubat hati pularai jantung.
Inilah sirih datang mangunju,Pinang datang malintang, Sirih mangunju datang nak mao balik, Pinang Malintang izin maonyo pulang.
Nak mudik kusulak panjang, jalan truh ka plompek, singgah sibenta di Danau Bento. Kalu kito bentang mbuhnyan nyo panjang, bulih sipanjang tali lang-lang, minin kito puntan bae maknyo singkek, kito ambik bae sado ngan baguno.
Gunung kerinci kamaro imat, Singgah burenti dusun simuhut, Kak jalan simpang kagao. Kaji pumennyo lah temat, Kitablah titungkut, Pulang maklum pada kayo.

JAWABAN TEGANAI PRIA

Sarapat kito saisi rumah ini,  idak di tap idak dibilang, kecik idak  disebut namo, gedang tuh idak disebut gela.
Sado dilingkut bendun dengan empat, sado ditanai lantai dengan berpak, sado disungkut atap dingan basanggit.
Sungguh banyak ikan dilubuk, siku jugo ngan keno jalo, sungguh banyak kito  ngan duduk, diateh tika kembang berinai, iyo kami sini panumbuk kato.
Ado pulo dih malayu ngato :
Dalamlah lubuk uhang sungai landai, tempat uhang burulang nyalo, bukannyo pulo kito baduo nak ngacak cedik dengan pandai, menurut telatah telitih uhang tuo dulu.
Gedanglah ayie dari ulu, terendam pasa uhang Sungai Landai, bukan pulo kito nak nampung tekap panghulu,  idak pulo kito nak mecat batin dibalai.
Uhang buumo ditepi ayie, padi ngarembak sipadi payo, iyo timenung kanti bupikie, mikie nak munjawab sikato kayo.
Kepeng kayo kepeng timago, tintin sini timago pulo, kato kayo itu kato dawah kato pusako, kanti juwab dingan kato pako pulo.
Lah kayo bilang dari awal sampai ka akhir, jarang idak pulo patut disusun, kerap tu idak patut di tuheng, atehnyo gayung basambut, andai batingkah kato bujuwab.
Kalu idak kanti jawab kato kayo itu, pumennyo kami sini gdang mna babin manali, namun kanti jawab kato kayo itu, pumen kito cdik pandai salingkah kato.
Nampaknyo kato-kato kayo itu, sado diitung sado genab, sado dibilang sado cukut, sado di bincang iyo galo.
Kato-kato kayo lah kami denga, lah kami aning pulo basamo-samo, sado ngan tabentang menjadi baris, sado takilok menjadi uki. Kilok kalateh sampai karembun padu, kilok kabawah sampai kersik mudo, kalu kamudik lah tahulu, basuo ngan ayie titik gantung, tadenga pulo ngan samang baralun suhak serto ungko barambuk tangih, nangih ka untung hari paneh, hari paneh kamarau panjang, paut ka jung same anyut, kalu ka ilie lah tamaro basubok pulo ngan ikan beranak mensu.
Nampaknyo adat lata pakai salepeh, makai ka itu ado balain-lain. 
Jadi pado ahi nan siahi ini, lah datang sihih ngan mungunju, lah datang pinang dingan butingkin, sihih pinang datang nak munjeput anak munantu kayo, iyo kami serahkah anak buah anak kemenakan kami ini, baolah di kayo, kami mungiring busamo-samo.

Mak nyato dimato uhang banyak, mak tau di uhang tigo luhah bahasonyo anak ini lah munjadi laki bini.

samo-samo kito do'akan smoga anak buduo ini mampu munjadi keluarga yang diridhoi Allah SWT.

Selanjutnya kedua rombongan mengiringi penganten baru yang dipayungi menuju rumah mempelai wanita.


Pantun ini menggunakan Bahasa Kerinci dialek Siulak

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler