Skip to Content

Kekasih

Foto Muhamad Tsaqib

Setelah maraknya pertanyaan tentang adanya kata kekasih pada sebagian puisi atau kata - kataku, aku disini ingin meluruskan beberapa sudut pandang mengenai hal tersebut. 

Dalam pribadiku terdapat 2 komponen yang tidak akan saling berpisah, yaitu: Akal dan Hati atau Sanubari. Dua komponen tersebut terdapat pada dua bagian, yaitu dohir dan batin. Akal pada dasarnya adalah sebuah komponen yang dimiliki manusia sebagai penggerak dari berbagai komponen yang ada pada manusia tersebut, sedangkan Hati atau Sanubari terkadang sebagai penasehat bagi penggerak tersebut yang merupakan termometer pergerakan yang mana ada 2 ukuran, yaitu: tenang dan rawan atau penerima pesan dari dohir dengan apa yang dia lihat. 

Bagian dohir ini khususnya didasarkan  pada akal manusia yang selalu berpikir sebelum  bertindak atau bertindak sebelum berpikir yang membuat kita salah dalam melakukan suatu hal tanpa perlu hati untuk peninjauan selanjutnya. Oleh karena itu, bagian batin disini adalah perasaan yang didapatkan melalui hati yang didasarkan dengan maksud setiap pribadi yang bersifat individual. 

Apa hubungannya dengan kata kekasih? 

Lafadz tersebut adalah sebuah kata yang menempati posisi dohir yang disampaikan melalui batin untuk memberi pengetahuan kepada batin bahwasannya dia sedang menemukan suatu hal baru yang menurutnya adalah hal yang perlu disampaikan kepada batin, bahwasannya dia menyampaikan hal tersebut dengan sedalam-dalamnya. Maka dari itu, ketika dohir menyebut batin sebagai kekasih, merupakan bentuk perwujudan dua pihak yang saling menaruh rasa berupa saling melengkapi. 

Bukan berarti penulis disini mengatakan kekasih karena dia memiliki hubungan kontrak dengan lain jenisnya, melainkan penulis ingin mengkabarkan bahwa keadaan hati dan akal penulis ini sedang berkomunikasi melalui ungkapan indah agar terkesan sesuai dengan keberadaannya. Kadang-kadang juga penulis menggunakan ungkapan kekasih, dipersembahkan kepada idola mereka, seperti: Nabi, Orang tua, hingga orang terdekat seperti seorang istri. 

Sekian semoga bermanfaat dan terima kasih. 

 

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler