keterikatan kami memang tak sehebat batman dengan robin, tak lucu seperti doraemon dan nobita, tapi keterikatan kami ada dalam dunia nyata. tak usah kau tanyakan lagi bagaimana kami bersatu ?, bagaimana jiwa kami saling terpaut ?, kami adalah dua raga sejenis yang di persatukan dalam irama nadi, nafas dan harmonisasi detak jantung yang sama. kami pernah menghabiskan waktu lebih dari 3 tahun, dibesarkan seperti kelompok2 pejuang militan, makan, tidur, dan termasuk nyontek bersama, bolos bersama, di maki2 guru karena terlalu berisik di kelas, minum dari gelas yang sama pula. jangan pernah kau tanyakan arti "brotherhood" pada kami, karena kami adalah anak2 yang di besarkan di sekolahnya para lelaki, bagi kami benar dan salah seringkali urusan belakang, yang kami tahu, ketika kawan kami dianiaya, disakiti, hingga dibatas kewajaran. dua kata yang jelas terpamapang didalam otak kami yang sempit " balas dendam".
dua minggu yang lalu kutinggalkan "nick adam story"-nya hemingway, aku dapat undangan dari teman yang tak kalah gilanya denganku.ia mengajakku mendaki semeru, padahal t'lah lama aku tak berjalan di gunung, carrierku juga tlah lama kugantung di dinding kamar. kutekan rombol replay, ku pencet huruf "o-k, s-i-a-p b-e-r-a-n-g-k-a-t". sengaja tanggal keberangkatan t'lah kusetting sedemikian rupa agar nanti pada saat turun gunung aku bisa menghadiri pernikahan kalian.
tanggal 9 bulan 9 tahun 2009 tlah berlalu, tanggal 10 bulan 10 tahun 2010 juga t'lah berlalu. sampai kapan kau akan mengeluhkan keadaan bahwa masa untuk itu belumlah tepat.....sampai kapan?????, dulu kukira kau adalah jelmaan dari putri naga, yang kuatmenahan gempuran angin, kuku2mu kuat mencengkeram mangsa, semburan apimu besar menggelegar, tapi ternyata aku t'lah salah berharap,setidaknya salah membuat persepsi tentang dirimu, semoga saja semua ini karena kesalahanku yang mencitrakan dirimu sebagai wanita perkasa, sosok wanita yang merdeka, kartini di masa kini, semoga saja aku yang salah t'lah lancang mempersepsikan dirimusebagai wanita agung yang layak mendampingi sahabat terbaikku.
tahukah kau kawan....,kau bukan yang tercantik, kau bukan yang terbaik, kau bukan yang terindah yang pernah datang padanya, tapi kenapa kau sia-siakan apa- apa yang telah ia korbankan untukmu. semoga kau tidak tertipu seperti seorang salik muda yang mencari emas, ia begitu terpesona melihat kuningan yang lebih menyala, lebih cemerlang lebih gemerlap. sedang ia segera melepaskan emas yang ada di tangannya. apakah kau rela melepaskan seorang ksatria dari timur, dan menghampiri penyair salon yang melambungkan khayalmu dengan buaian syair dan puisi kacangan, yang berbicara tentang anggur dan rembulan. yang menjual mimpi2 surga...?, semoga saja kau tidak salah memilih,dan aku selalu berdo'a, setidaknya sampai saat ini, semoga kau berada dalam jalur cahaya. semoga kau takkan pernah berpaling kepada kegelapan karena takut akan terangnya cahaya, seperti kelelawar yang mencintai keremangan dan gulita.
Tuhan maafkan aku jika aku terlalu jauh mengkhayalkan apa yang menjadi wewenangMu........., Masih teringat jelas dalam benakku, saat kami berlima berkelakar, bahwa seusai lulus sekolah nanti, setelah beberapa tahun lagi, kami akan berkumpul ditempat yang telah kami setujui, untuk memenangkan satu kompetisi, satu gengsi " siapa diantara kami berlima yang mempunyai istri paling cantik?"ah......ternyata aku terlau jauh berkhayal.
tidakkah kau ingat, beberapa kali kau bermain dengan bola api di tanganmu sedangkan ditanganmu yang lain kau t'lah membawa obor? kemarin dengan Si A, hari ini kau dengan Si C, besok kau dengan Si D, lusa kau dengan si E, F, G dan...... entah berpa lagi bola api yang akan kau mainkan dengan jemarimu itu, aku tak tahu...dan semoga saja dugaanku salah. tidakkah kau sadari, ada airmata seorang wanita yang dulu ku panggil tante dan sekarang ku panggil ibu, yang t'lah tertumpah, dalam lubuk hatinya t'lah meraung..., menjeritkan tangisan pilu, karena putra kesayangannya teraniaya wakil dari kaumnya?
Simpatiku takkan pernah berubah, kau dan dia tetaplah menjadi sahabatku, aku takkan pernah merasa kau adalah seorang musuh yang harus ku perangi, kemarin, hari ini, esok ataupun hari-hari mendatang. aku berharap suatu saat nanti, jika kita bertemu kau tetap mengulurkan tangan, dan kita saling menjabat tangan.
Tak perlu lagi kau buang airmata, tak perlu lagi kau sakiti diri, kau tlah mengambil keputusan, dan kuharap ini yang terbaikbagi kalian. waktu yang akan mengajari kita apa itu sedih, apa itu sakit, dan semoga kelak rasa sakit ini akan berubah menjadi manis tatkala kita telah diujung penghidupan, seperti seorang pendaki yang rela berkeringat, menjejakkan kakinya diatas pasir dan batu dan ketika tlah mencapai puncaknya semua terbayar sudah, kebahagiaan itu bukanlah terletak pada apa yang kita dapatkan.tapi kebahagiaan itu terletak pada proses penerimaan dari apa2 yang tlah kita dapatkan. begitu kata orang2 terdahulu.
when you try your best but you don't succeed
when you get what you want, but not what you need
when you feel so tired but you can't sleep
stuck in reverse
when the tears come streaming down your face
when you lose something you can't replace
when you love someone but it goes to waste
could it be worse?
lights will guide you home
and ignite your bones
and I will try fix u
seringkali kita membutuhkan kesepian untuk sejenak merenungkan apa2 yang t'lah kita goreskan dalam lembar2 sejarah kehidupan kita masing2, semoga kita tak salah melangkah, semoga kita takkan pernah menyesal dengan apa yang telah kita pilih. hidup adalahsebuah pilihan, tak ada yang salah dalam memilih, yang salah adalah ketika kita sudah memilih diantara pilihan tersebut, kita tidak mau menjalaninya dengan baik.
masih ada mentari yang menyapa kita setiap pagi, menyinari dengan kemilau cahayanya, masih ada angin yang berhembus membelai muka dan mengibaskan rambut2 yang terurai, masih ada beraneka bunga di taman yang siap untuk dipetik, masih ada kehidupan, meski kau tak lagi bersamanya, masih ada aku yang perduli tentang cerita, mimpi dan cita2mu, masih ada aku..., masih ada kami, masih ada kita, ......kami perduli terhadapmu......karena kau sahabatku.
"Dijadikan terasa indah pada pandangan manusia cinta terhadap apa yang diinginkan, berupa perempuan-perempuan, anak-anak, harta benda yang bertumpuk dalam bentuk emas dan perak, kuda pilihan, hewa ternak, dan sawah ladang. itulah kesenagan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik".
semoga kita tak tertipu dengan bayangan cinta......semoga kita takkan pernah tertipu dengan khayalan cinta....semoga kita takkan tertipu dengan cintamorgana.....apa yang kau cari....?apa yang kau cari....?dari sebuah ketidak-sempurnaan.sungguh malang, wahai orang- orang ya
Komentar
Tulis komentar baru