Skip to Content

Kitab Tua

Foto muhammad thoha jalaluddin

Kitab tua, begitu aku menyebutnya. Kitab yang isinya tata cara shalat. Ditulis dengan bahasa Jawa dengan aksara pegon. Yang merupakan keterangan dari bahasa arab dari bacaan-bacaan dalam shalat. Secara spesifik, kitab tua ini punya nama, yakni Fashalatan. Lidah Jawa membacanya: fasholatan.

Kitab ini melegenda, karena mengalami berulang kali cetakan. Melihat penulisnya, yakni ulama ternama Asnawi. Bisa terbayang tahun penulisan kitab ini. Dicetak di Kudus Jawa Tengah, yang juga merupakan kota tempat tinggal penulisnya.

Kitab tua ini sendiri digunakan di madrasah diniyah awaliyah, sekolah agama setingkat SD kelolaan orang NU yang masuknya siang hari. Aku sendiri semasa kecil juga menempuh pendidikan ini.

Dan kitab Fashalatan ini masih tersimpan di lemariku. Sesekali masih kubuku. Kertas yang dipakai cetakan kertas buram, sehingga terasa betul kini mengalami penuaan, warnanya mendekati kecoklatan. Mungkin sampai aku tua kitab ini akan tetap aku jaga, karena nilai kenanganya.

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler