Skip to Content

PERUBAHAN Elle Geraldine

Foto Hakimi Sarlan Rasyid

 

 

DENTING RINDU

Elle Geraldine

 

Sayup mengalun merdu

Denting melodi rindu

Tanpa mengenal waktu

Gemuruh nada menyatu

 

Ketukan irama lambungkan rasa

Damai jiwa semaikan asa

Manikam bahagia dalam masa

 

Kamarku, 31 Desember 2021

 

 

PERUBAHAN

Elle Geraldine

 

Ada kata yang tak terucap

Banyak cerita telah terlewatkan

Melintas dan mengendap

Akankah utuh dalam ingatan

 

Ruang kenang terbalut harap

Mimpi lalu kemudian hirap

Tinggalkan kebahagiaan yang kini lenyap

 

Gaduh itu menjadi senyap

Kebisuan diantara rindu yang gagap

Cahaya asa perlahan lindap

 

Untaian doa bekal sebuah perjalanan

Guratan rasa bawa kebahagiaan

Kelak cita terpeluk dekapan

Perubahan akan kehidupan

 

Kamarku, 31 Desember 2021

 

 

PERUBAHAN karya Elle Geraldine (EG) ini telah memenuhi aturan/patokan puisi bentuk 4334. Ini pertamakalinya saya membaca puisi gubahannya. Melihat gubahan ini saya rasa EG bukan orang baru dalam hal menggubah puisi. Ini terlihat dari pilihan kata yang dipakai pada bait kedua dan ketiga. Bunyi “ap” yang dipakainya menampakkan EG bukan orang baru. Tidak mudah mencari bunyi “ap” untuk menerapkannya pada 6 baris. Selain di bait kedua dan ketiga, “ap” juga ada di bait pertama.

 

Ada kesalahan umum para penulis dalam hal pemakaian kata “asa”. Menurut pelajaran yang kami terima dulu ketika kami masih sekolah, kata “asa” tidak boleh berdiri sendiri. Harus selalu didahului oleh kata “putus”. Kata “asa” yang dipakai oleh EG seyogyanya memakai kata “harapan.”

 

Tapi, bisa jadi aturan tentang kata “asa” itu sekarang sudah berubah.

Jika bunyi “ap” menampakkan kelebihan EG maka apa yang dia tulis pada bait keempat tampak sebagai kelemahan. 4 sajak “an” pada 4 baris di bait keempat semua merupakan akhiran. EG harus belajar memilah kata sehingga terhindar dari dominasi akhiran.

Terima kasih EG, anda telah mencoba menggubah 4334. Sebagai penggagas bentuk ini, saya merasa senang jika anda mencoba lagi. Saya tunggu gubahan anda selanjutnya. Dan PERUBAHAN ini simpan sebagai catatan langkah awal anda menggubah 4334.

 

202112310943 Kotabaru Karawang.

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler